Sabtu, 22 Maret 2008

Sejarah Sepak Bola

Menurut FIFA permainan dengan ciri - ciri seperti sepak bola telah ada di negeri China pada abad ke - 3 S.M. Berbagai jenis permainan bola juga telah diperkenalkan pada zaman pertengahan Eropa. Pada abad ke - 19, sekolah - sekolah di United Kingdom (mempunyai cara permainan berbeda menurut sekolah) menjadi lebih populer. Dikarenakan cara permainannya yang lebih teratur. Undang - undang awal dibuat untuk menyeragamkan cara permainan yang berbeda - beda itu. Persatuan Sepak Bola England (The Football Association) yang berdiri pada tahun 1863 telah dipenuhi beberapa klub sepak bola. Persatuan ini berjasa dalam memperkenalkan undang - undang formal sepak bola yang pertama di dunia. Undang - undang ini kemudian menjadi "Undang - Undang Sepak Bola" hari ini.

Kini, urusan undang - undang sepak bola diatur oleh Lembaga Persatuan Sepak Bola Antarbangsa (International Football Association Board). Lembaga ini berdiri pada tahun 1886 dan mempunyai delapan ahli serta empat perwakilan FIFA, empat wakil persatuan sepak bola England, Scotland, Wales, dan Ireland Utara. Segala pemindahaan undang - undang perlu diluluskan oleh lembaga melalui undian majoriti.

Populariti sepak bola telah meningkat terutama pada abad 20. Kini sepak bola menjadi satu industri yang lumayan melalui pendapatan hak siaran televisi dan penjualan tiket di stadium - stadium. Permainan ini dimainkan pada level professional di seluruh dunia. Berjuta - juta penonton biasanya pergi ke stadium - stadium sepak bola untuk melihat pasukan favorit mereka. Sebagian pemain bola juga bermain pada tingkat amatir.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA), Badan pengontrol sepak bola, lebih dari 240 juta orang bermain bola di lebih dari 200 juta negara di dunia. Peraturannya yang mudah dan dan memerlukan peralatan yang seadanya, sepak bola tumbuh besar dalam popularitasnya.







Tidak ada komentar: